Pariwisata Bengkulu

EKOWISATA BENGKULU

kawasan-konservasi11

Peta Kawasan Konservasi dan Ekowisata Bengkulu

Kawasan Konservasi di Propinsi Bengkulu mempunyai luas 51.054,664 Ha tersebar di delapan Kabupaten dan Kota Bengkulu. Meliputi Hutan Pantai sampai Hutan Hujan Pegunungan. Fauna yang berada didalam Kawasan Konservasi beragam jenis seperti: Gajah Sumatera (Elephas maximus), Badak Sumatera (Decerorhirnus sumatraensis), Tapir (Tapirus indicus), Harimau Sumatera (Panthera tigris), Kijang (Muntiacus muntjak), Rusa (Cervus unicolor), berbagai jenis ular, Burung Rangkong (Buceros rhinogeros), Elang (Haliastus indus), Pergam (Ducula Sp), Siamang (Hylobates sindarctylus), Simpai (Semnopithecus melalopus), Beruang Madu (Helaretus malayanus).

Bermacam-macam flora terdapat didalam kawasan ini, seperti Anggrek Pensil (Vanda hookeriana), Bunga Bangkai (Ammorphopalus titanium), Bunga Rafflesia (Rafflesia arnoldi), Cemara Pantai (Casuarina Sp), dsb.

Kawasan Konservasi Di Kota Bengkulu
1. Cagar Alam Danau Dusun BEsar
Cagar Alam Dusun Besar berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Bengkulu, ke arah kota Curup. Luas areal sekitar 577 Ha. Hal ini seperti yang tertuang dalam SK Menhut No. 6027 Kpts – 11/92 tgl. 10 Juni 1992. Potensi obyek yang dapat dinikmati adalah pemandangan Danau Dendam Tak Sudah, memancing, bersampan di danau, dan flora yang sangat langka yaitu Anggrek Pensil (Vanda hookeriana).

danau41

Danau Dendam Tak Sudah di Pagi Hari

Cara mencapai CagarAlam Dusun Besar dapat ditempuh melalui:
• Bengkulu – Danau Dendam Tak Sudah dengan kendaraan umum ke arah Curup, sekitar 30 menit.

2. Hutan Wisata Pantai Panjang Dan Pulau Baai

Terletak memanjang sebelah selatan pusat kota Bengkulu, jarak Pantai Panjang dari pusat kota sekitar 3 km, sedang jarak Pulau Baai sekitar 12 km. Di Pantai Panjang dapat dinikmati obyek-obyek seperti Pulau Tikus dari kejauhan, berenang, memancing. Dalam perjalanan ke Pulau Baai dapat juga dijumpai burung Rangkong (Buceros rhinoceros). Luas Hutan Wisata Pantai Panjang dan Pulau Baai 1.265,3 Ha sesuai dengan SK TGHK Menhut No. 383/Kpts-ll/1985 tanggal 27 Desember 1985.

cemara

Cemara yang tumbuh di sepanjang Pantai Panjang

Cara mencapai lokasi:
Dari pusat kota Bengkulu ke lokasi, dapat dicapai dengan kendaraan pribadi (roda empat/dua), atau kendaraan umum yang memang terdapat jalur trayek ke lokasi Hutan Wisata Pantai Panjang dan Pulau Baai, kondisi jalan baik.

Wilayah Bengkulu Utara
1. Taman Buru Gunung Nanu’a
Taman Buru Nanu’a terletak di pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara. Berdasarkan SK Mentan No. 741/Kpts/Um/ 11/1978 tgl. 30 Nopember 1978 luas Taman Buru Gunung Nanu’a 7.271 Ha. Potensi Taman Buru Gunung Nanu’a merupakan hutan tropika tanah rendah sampai pantai, merupakan habitat yang cocok untuk sapi dan kerbau liar. Dalam perjalanan menuju lokasi pengunjung dapat menyalurkan hobi memancing, menikmati keindahan karang di Tanjung Kaholbi.

kerbau-liar1

Populasi Kerbau liar di Taman Buiu Gi’ruing Nanua’

Cara mencapai lokasi:
• Dari Bengkulu (Pulau Baai) dongan prialni porlntis ke pulau Enggano (12-18 jam) Polahiihan Malakoni. Intensitas kapal 2 hari sekali Bengkulu pulau Enggano Malakoni – Gunung Nanu’a 6-10 jam dapal dltempuh dengan cara:
– Dengan carter perahu menyisir paniai, dilanjutkan berjalan kaki.
– Berjalan kaki lewat jalan daral.

2. Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat

PLG Seblat berdiri pada bulan Oktobor 1992, terletak di Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara berdasarkan SK Menhut No. 658/Kpts-ll/1995 tanggal 8 Dosember 1995 memiliki luas 6.865 Ha. Didalam areal tersebut terdapat flora dan fauna dilindungi yang dapat dijumpai oleh pengunjung seperti: Tapir, Rusa, berbagai macam Ular, Siamang, Simpai, Kera, Kera Ekor Pendek, Gajah yang masih liar, berbagai macam burung, seperti Rangkong, Beo, Pergam, Ayam Hutan, Elang dll. Selain itu juga beberapa kali ditemukan jejak manusia pendek, untuk memastikan perlu diadakan penelitian lebih lanjut.

atraksi-gajah1

Atraksi gajah menggendong orang.

Tempat ini juga cocok bagi yang senang berjalan kaki sambil menikmati kondisi hutan yang masih primer atau memancing. Bunga langka yang masih terdapat dilokasi PLG Seblat yaitu Bunga Rafflesia (Rafflesia arnoldi).
Di PLG Seblat dapat menikmati berbagai kemampuan gajah jinak:
– Atraksi 20 macam, antara lain Disko gajah, pengalungan bunga, membawa bendera/spanduk, tebak angka/huruf, berbaris dll.
– Safari Gajah.

Atraksi “Gajah Pacaran” gajah jantan membawa payung dan gajah betina memeluk jantan.
Cara mencapai lokasi:
• Bengkulu – Air Muring/Seblat (3 jam, 150 km)
• Air Muring – PLG Seblat, bisa melalui 3 jalur yaitu:
1. Lewat PT. Agricinal (20 km, 1 jam, jalan tanah)
2. Lewat Seblat (Samping Kantor Kecamatan Putri Hijau) Blok C, Suka Baru, PLG Seblat (jalan sebagian aspal, sebagian koral 15 km)
3. Lewat Air Muring, Suka Merindu, Suka Baru, PLG Seblat, (17 km jalan sebagian aspal sebagian koral)

3. Hutan Suaka Alam Seblat

Hutan Suaka Alam Seblat terletak di desa Seblat Kecamatan Putri Hijau Bengkulu Utara.
Berdasarkan SK TGHK Menhut No. 383/Kpts-ll/85 Tgl. 27 Desember 1985, luas areal 89 Ha.

Cemara Pantai (Casuarina Sp) di HSA. Air Seblat.

Potensi yang ada dilokasi ini adalah Cemara Pantai (Casuarina Sp) yang menambah keindahan alam serta adanya satwa penyu. Penyu akan naik ke pantai pada kondisi gelap gulita dan bertelur kemudian kembali lagi ke laut.

Cara mencapai lokasi:
Dengan kendaraan umum/pribadi dari Bengkulu turun di kantor pos dan giro Putri Hijau atau di kantor Kecamatan Putri Hijau (150 km). Jalan kaki atau dengan kendaraan pribadi dari jalan raya ke lokasi/pantai Seblat (1 km).

4. Hutan Wisata Pungguk Menakat

Hutan Wisata Pungguk Menakat lebih dikenal dengan nama Taman Hutan Raya (TAHURA).Terletak di Kecamatan Muara Bangkahulu Kabupaten Bengkulu Utara. Berdasarkan SK Menhut No. 218/Kpts-ll/1991 luasTahura 1.122 Ha. Memiliki potensi sebagai kebun sumber daya alam hayati (Bundayati) Bengkulu dengan fungsi utama sebagai kebun koleksi. Di areal tersebut dikembangkan kebun uji dari sub sektor pertanian tanaman pangan. perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan, Di Tahura juga terdapal Bunga Bangkai Raksasa hasil pembiakan dari Alam.

bunga-bangkai1

Bunga Bangkai

Cara mencapai lokasi:
Dengan kendaraan pribadi/umum dari pasar minggu ke Bentiring turun di Tanjung Terdana.

5. Taman Buru Semidang Bukit Kabu
Terletak di Kecamatan Talang IV (Kabupaten Bengkulu Utara) dan Kecamatan Seluma (Kabupaten Bengkulu Selatan). Berdasarkan SK. Menteri Pertanian No. 186/Kpts/Um/4/1973 tanggal 11 April 1973. luas kawasan Taman Buru 9,526 Ha.

Taman Buru Semidang Bukit Kabu merupakan hutan tropis basah tanah rendah. Terdapat satwa Babi Hutan. Rusa. Kijang, Tapir, Ular, Beruang dan Kelompok Kera-keraan serta berbagai macam burung.

Cara mencapai lokasi:
• Untuk mencapai ke lokasi Semidang Bukit Kabu dapat menggunakan kendaraan umum roda empat atau roda dua/kendaraan pribadi, dengan jalur:
1. Bengkulu – Babatan 20 km; dari Babatan ke lokasi 20 km.
2. Bengkulu – Sukaraja 25 km; Sukaraja ke lokasi 12 km.
3. Bengkulu – Tumbu’an 40 km, Tumbu’an – lokasi 25 km.
4. Bengkulu – Tabalagan 25 km; Tabalagan ke lokasi 5 km.

Wilayah Rejang Lebong

1. Hutan Suaka Alam Danau Tes
Danau Tes termasuk dalam wilayah kecamatan Lebong Selatan. Berbentuk memanjang di hulu sungai Ketahun. Hutan Suaka Alam Danau Tes memiliki luas 3.230 Ha. Berdasarkan SK Menteri Pertanian Nomor: 148/Kpts/UM/1974 tanggal 27 Maret 1974.
Debit air Danau Tes merupakan Sumber Penggerak Turbin yang berkapasitas 16 Mega Watt. Di danau tes banyak terdapat jenis ikan baik yang asli/lokal maupun yang sengaja ditebar. Sedang fauna khas adalah burung belibis (Cairina Scutulata), yang biasa terbang dari Danau Test ke Danau Menghijau atau sebaliknya, yang berjarak sekitar 4 km obyek yang bisa dinikmati yaitu memancing dan bersampan mengarungi danau

Cara mencapai lokasi:
• Dengan Kendaraan Umum atau pribadi dari Bengkulu ke Tes sekitar 138 km, kondisi jalan bagus.

Hutan Wisata Bukit Kaba

Hutan Wisata Bukit Kaba termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Curup, Kecamatan Padang Ulak tanding dan Kecamatan Kepahiang Kabupaten Rejang Lebong. Berdasarkan SK Menhut No. 166/Kpts-ll/1986 luas Hutan Wisata Bukit Kaba 15.070 Ha. Potensi yang bisa dinikmati bila berkunjung ke Hutan Wisata Bukit Kaba adalah sumber Air panas, udara pegunungan yang sejuk (ketinggian sampai 2000 mdpl), berkemah, kawah aktif dan kawah tidak aktif serta berbagai flora dan fauna.

Flora yang dominan pada 1.000-1.400 mdpl adalah Pasang (Quercus linneata), 1.400 – 1.800 mdpl Umbel-urnbelan (Spondiaspinnata) dan 1,800 – 2.000 mdpl Pandan duri (Pandannus Sp) serta yang langka yaitu Pakis Simpai, satwa langka yang masih bisa dijumpai adalah Harimau Loreng (Phantera Tigris Sumatrensis), Kijang, Rusa.

Cara mencapai lokasi:
• Dengan kendaraan umum/pribadi dari Bengkulu ke Curup (80 km), Curup ke arah Linggau berhenti di desa Sumber Urip (15 km), dari Sumber Urip ke kaki Bukit Kaba (6 km) jalan koral. Dan dari kaki Bukit Kaba ke Kawah/Puncak Bukit (3 km).

Dalam perjalanan menuju ke kawah/puncak 1 km dari kaki Bukit Kaba akan dijumpai sumber air panas yang berbau belerang.

2. Hutan Suaka Alam Danau Menghijau
Danau Menghijau terletak sebelah barat Danau Tes berjarak sekitar 4 km. Berdasarkan SK Mentan Rl No. 187/Kpts/Um/ 4/1973 tgl. 11 April 1973 Danau Menghijau memiliki luas 139,800 Ha
Danau Menghijau memiliki salah salu satwa khas yang sama dengan satwa yang berada di danau Tes, yaitu burung Belibis. Potensi lain yang bisa dinikmati di danau Menghijau adalah memancing.

Cara mencapai lokasi:
• Dengan kendaraan umum/pribadi Bengkulu – Curup (80 km} Curup – Karang Tinggi (Kec. Tes) sekitar 60 km. Karang Tinggi – Danau Menghijau sekitar 2 km (dengan carter kendaraan umum atau dengan jalan kaki, jalan tanah (koral).

3. Cagar Alam Pagar Gunung I, 11, III

Cagar Alam Pagar Gunung I, II dan IN terletak di sekitar aliran sungai Musi di desa Pagar Gunung Kecamatan Kepahiang Kabupaten Rejang Lebong. Jarak Cagar Alam Pagar Gunung I ke Cagar Alam Pagar Gunung II sekitar 3 km dan Dari Cagar Alam Pagar Gunung I ke CA. Pagar Gunung III sekitar 1,2 km.

Gambar Bunga Raffelesia

Berdasarkan SK ZB 27/8/1932 No. 36 Luas CA. Pagar Gunung I 0.036 Ha, CA Pagar Gunung II 0.160 Ha dan CA. Pagar Gunung II 0,849 Ha.
Potensi Alarn yang dimiliki Cagar Alam ini adalah sebagai habitat Bunga Rafflesia (Ftafftesia Arnold!}.
Cara mencapai lokasi:
• Dengan kendaraan umum/pribadi dari Bengkulu – Curup turun di desa Pagar Gunung sekitar 70 km. dari desa Pagar Gunung ke lokasi CA jalan kaki.

GAMBAR INI SALAH SATU WISATA YANG ADA DIBENGKULU, TEPATNYA DIBENGKULU SELATAN.

PASAR BAWAH

PASAR BAWAH

Pantai pasar bawah adalah Salah satu ojek wisata yang ada di bengkulu selatan seperti gambar diatas, pantai pasar bawah terdapat dikota manna / bengkulu selatan, dimana dipantai ini kita bisa menghabiskan hari liburan kita, dengan melihat matahari terbenam ( sunset ) maupun menikmati suasana pantai yang indah dengan panoramanya.

Iklan

12 Tanggapan

  1. Hai, aku orang palembang, baru nikah
    di curup ada ga hotel yg asyik buat bulan madu?
    trus di pantai panjang ada hotelnya ga?

  2. informasinya menarik.
    Kalau berburu di Enggano dapet kerbau, asyik juga ya pak
    salam kenal

  3. Pantai panjang? ada dong. Rafles city hotel, Horizon, Permata gading, dll. datang aja

  4. waaw.. bermukim d bandung tapi punya berita2 bengkulu.. what a great..
    ^_^

    salam kenal, bang…

  5. aoi asik juga ni bengkulu

  6. hai gw alvin asli Bengklu selatan.Skrng uda lm di Borneo…???FB and FS : alvin_bklplk@yahoo.co.id

  7. hmmm…bengkulu memang indah, tapi ya itu….kadang2 gempa. Tapi sekarang dimana2 gempa juga. Saya 8 taun tinggal di bengkulu di jalan danau, Jembatan Kecil. kantor Saya di Jalan Pembangunan.
    secara pribadi, wisata alam bengkulu menurut saya memang OK, cuman fasilitas aja yang mungkin kurang, seperti di Sungai suci….kurang perawatan, dll.
    semoga bengkulu ke depan semakin maju dengan gubernur2 berikutnya…

  8. oui..rindu nian dgn pasar bawah tu…

  9. musim apa skrg di mannak? slm dgn anak2 alumni sma 3 th 2002(aten,fajar,desmi cm,iche,do2 reni,cik diki,dang joko,)aq ada di jogja..
    kpn reunian..

  10. wah…..asyiiiik tempatnya

  11. salam kenal,

    wah info nya sangat menarik. saya nining, minggu depan akan ke bengkulu untuk pertamakalinya karena ada tugas kantor. tapi selama week end saya sangat ingin keliling bengkulu dan sekitarnya.
    boleh bagi2 info nya ga? tentang hotel yang murah dan bagus, rental mobil, pantai yang bagus dan bisa untuk snorkling.

    makasiiih ya

  12. cerita orang pendek yg di isukan di daerah pedalaman,saya ingin melakukan penelitian dan survey bersama team supaya dapat jawaban yang sebenarnya,apa ada atau tidak jangan hanya sebagai isu atau cerita mistery supaya betul ada jawabannya apa ada atau tidak orang pendek yg hidup di pedalaman tersebut.Adam Nainggolan (horasbahhamu@yahoo.co.id/085270286348)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: