1.400 Umat Hindu Hadiri Puncak Nyepi di Bengkulu

Bengkulu,putra rafflesia

Sebanyak 1.400 umat Hindu di Provinsi Bengkulu menghadiri puncak Hari Raya Nyepi tahun baru saka 1931 di Kemuning mercusuar Restro pantai Panjang Bengkulu.

“Acara semacam ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Provinsi Bengkulu, dan kami selaku panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan bapak gubernur yang memprakarsai acara ini,” kata ketua panita puncak perayaan nyepi 1931 saka, Ana Agung Nyoman, Senin (30/3/2009).

Acara puncak perayaan nyepi yang diselenggarakan di kawasan objek wisata Pantai Panjang tersebut dimulai jam 10:00 WIB diawali dengan suguhan Tari Barongsai dan Tari Kecak.

Acara dengan tema ” Melalui perayaan Hari Raya Nyepi mari kita perkokoh kebersamaan guna mengatasi dampak krisis keuangan global dengan aktualisasi ajaran Tri Hita Karana” tersebut dihadiri oleh Gubernur Bengkulu, Kepala Kantor wilayah (Kanwil) Depag, Walikota Bengkulu dan tokoh-tokoh agama lainnya.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Provinsi Bengkulu, I Gede Karsana, menyambut baik acara puncak perayaan nyepi 1931 Saka karena acara tersebut dapat meningkatkan hubungan silaturahmi dan keakraban antara umat Hindu di Provinsi Bengkulu yang tersebar di Kabupaten dan Kota.

Menurut dia, umat Hindu yang hadir dalam acara puncak tersebut bukan hanya berasal dari Kota Bengkulu, tetapi juga datang dari Kabupaten Mukomuko, Kepahiang, Bengkulu Utara, Seluma, dan Kaur.

“Ini adalah ajang untuk bisa saling bersilaturahmi antara umat Hindu di Provinsi Bengkulu,” katanya.

Selain itu, dengan momentum perayaan nyepi, menurut dia, dapat menumbuhkan rasa cinta kasih sayang antar sesama manusia, dengan mahluk hidup maupun hubungan dengan Sang Pencipta.

Selain acara puncak perayaan nyepi, sehari sebelumnya diadakan acara menanam pohon, kunjungan dan memberi bantuan ke panti sosial, dan kegiatan donor darah.

I Gede Karsana juga berharap perayaan semacam ini dapat dilaksanakan setiap tahun di Provinsi Bengkulu dan kepada Pemerintah dia juga berharap untuk bisa mengali potensi yang ada pada perayaan nyepi misalnya dengan menjadikanya `icon` pariwisata Bengkulu.

“Kita umat Hindu sangat mendukung program pemerintah, terutama yang berkaitan dengan program “visit indonesia year”,” ujar dia.

sumber : TV One

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: