Karpet Nabi Muhammad SAW Dilelang?

Ditulis pada April oleh Putra rafflesia

karpet-nabiKarpet ini akhir hanya menjadi barang pajangan yang dipamerkan di Delhi Exhibition lebih dari 100 tahun yang lalu.

Karpet yang dibuat di India 150 tahun yang lalu, tepatnya di penghujung tahun 1860 dan dikenal dengan nama Karpet Mutiara Baroda (Pearl Carpet of Baroda).

Sebuah permadani yang dihiasi oleh ratusan jenis batu mulia termasuk intan, safir, rubi, dan zamrud ini dilelang oleh Balai Lelang Sothebys di Kota Doha dengan harga pembukaan 14,5 juta poundsterling atau Rp241,2 miliar. Para pakar memprediksi karpet ini akan terjual jauh lebih mahal dari itu.

Situs BBC melaporkan, Selain hiasan batu permata, karpet ini juga dipenuhi oleh dua juta mutiara yang diambil dari perairan Teluk Arab. Hiasan lainnya adalah benang emas dengan dominasi warna merah dan biru bermotifkan bunga.

Semula karpet itu akan dijadikan penutup makam Nabi Muhammad SAW, oleh Maharaja Baroda dari India pada Abad ke-18. Tapi, Maharaja Baroda meninggal sebelum karpet itu selesai dibuat.

Karpet ini akhir hanya menjadi barang pajangan yang dipamerkan di Delhi Exhibition lebih dari 100 tahun yang lalu. Belakangan, Karpet ini dibawa oleh anggota keluarga kerajaan ke Monaco. (rpk/bbc) SuaraMedia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: