KPU Tunda Penetapan 14 Caleg Terkait Administrasi

Ditulis pada Sep 3, 2009 oleh Putra rafflesia

Komisi Pemilihan Umum menunda penetapan 14 calon legislator menjadi anggota dewan hasil Pemilihan Legislatif 2009. Sebab, administrasi mereka terindikasi masih bermasalah sehingga harus diklarifikasi terlebih dulu.

Calon legislator bermasalah itu yakni anggota Komisi Badan Pengatur Hilir BPH Migas; Eri Purnomo Hadi dari PAN, Suwarjono anggota Partai Gerindra masih berstatus PNS, Ahmad Sere dan Moh. Mahfud dari PPP tidak terdaftar di daftar calon legislator sementara.

Penundaan ini merupakan usulan dari Badan Pengawas Pemilu. Badan ini meminta KPU memastikan status mereka. Jika hasil klarifikasi terbukti melanggar, maka mereka harus dicoret. Sebaliknya, jika tidak terbukti, harus segera disahkan menjagi anggota dewan.

KPU juga menunda penetapan 10 calon legislator Provinsi Papua karena masih terdapat permasalahan terkait hasil penghitungan suara Pemilihan Legislatif di daerah setempat.

Di daerah itu, terdapat perubahan data yang dimasukkan pada penetapan calon legislator sebelumnya. Pada waktu itu, terjadi perubahan satu kursi dari PDI Perjuangan masuk ke Partai Gerindra.

Kemarin, Arif Wibowo, Wakil Sekretaris BP Pemilu PDI Perjuangan, mengungkapkan bahwa perubahan komposisi kursi itu telah merugikan partainya. Itulah sebabnya, masalah ini akan diadukan ke Bawaslu.

Arif mengatakan untuk menindaklanjuti perubahan perolehan kursi ini telah berkonsultasi dengan Bawaslu.

Mengenai calon legislator terpilih yang bermasalah ini ikut dibahas dalam rapat pleno revisi kursi di KPU yang berlangsung kemarin.

Menurut Ketua KPU, Abdul Hafiz Anshary, ada beberapa kasus caleg bermasalah. Misalnya, calon terpilih yang hingga kini masih tercatat sebagai pegawai BUMN. “Nah itu mau dikroscek lagi seperti apa, Bawaslu merekomendasikan beberapa nama yang perlu dipertimbangkan, saya bilang ketemu di pleno aja nanti,” ujar Hafiz. Selain pegawai BUMN, ada juga PNS, atau berijazah palsu.

Soal status itu diatur dalam Undang-undang Pemilu. Bakal calon legislator harus mengundurkan diri sebagai pegawai negeri sipil, TNI, anggota kepolisian, pengurus BUMN atau BUMD, serta badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara.

Rupanya, ada yang sampai saat ini ketahuan belum mengundurkan diri. Nah, para calon yang ketahuan itulah yang kini sedang dalam bahasan KPU.

Untuk calon legislator yang bermasalah, penetapannya ditunda terlebih dulu. Sedangkan mereka yang tidak bermasalah, langsung diumumkan KPU kemarin malam. Sebanyak 560 nama ditetapkan sebagai calon legislator yang berhak dilantik di Gedung Nusantara pada 1 Oktober 2009. (VIVAnews.com)

Sumber : TVone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: