Pembahasan RUU Rahasia Negara Dipercepat

Ditulis pada Sep 3, 2009 oleh Putra rafflesia

Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Rahasia Negara dipercepat menjelang berakhirnya periode legislatif 2004-2009. Rapat intensif antara Komisi I DPR dan pemerintah digelar di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, mulai Kamis ini (3/9) hingga minggu (6/9). “Pembahasan konsinyering dilakukan agar lebih fokus, efisien, dan tidak terganggu,” ujar kata Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Rahasia Negara, Guntur Sasono usai rapat Panja di Jakarta.

Pada 18-20 Agustus, rapat serupa dilaksanakan di Wisma DPR Kopo, Puncak, Cianjur, Jawa Barat. Belum lagi pembahasan yang digelar setiap dua kali seminggu di Gedung DPR sejak Panja mulai terbentuk 2 Juli lalu. “Kami harus percepat karena waktu efektif tinggal dua minggu,” kata politikus Partai Demokrat itu.

DPR memasuki libur Lebaran dari 18 hingga 28 September sementara 1 Oktober wakil rakyat yang baru telah dilantik. Karena itu, rapat intensif perlu dilakukan mengingat DPR dan Pemerintah telah sepakat menyelesaikan pembahasan pada DPR periode ini.

Meski demikian, bukan berarti pihaknya mengaburkan substansial yang selama ini banyak disoroti elemen masyarakat sipil. “Dikebut tetapi tidak dipaksakan pembahasan mesti selesai. Bisa dilanjut ke DPR berikutnya. Yang jelas kami berusaha optimal,” kata Guntur.

Hal senada diungkapkan Theo L. Sambuaga yang mengatakan pihaknya bersungguh-sungguh membahas agar hasilnya baik. “Sama sekali tidak ada niat asal cepat jadi,” katanya. Dia mengungkapkan, draf sudah diserahkan pemerintah sejak 2006. Namun, pembahasan ditunda karena mendahulukan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik. Rancangan yang ada sempat dikembalikan agar disinkronisasikan dengan UU Keterbukaan.

Theo menjamin tidak ada satu pasal pun yang berpotensi memberangus pers, merusak demokrasi, dan menghantam promosi hak asasi manusia.(ANT)

Sumber : TVone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: