Depdiknas Alokasikan Rp24 Miliar Bantu Korban Gempa

Ditulis pada Sep 6, 2009 oleh Putra rafflesia

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) mengalokasikan anggaran Rp24 miliar untuk memperbaiki bangunan sekolah yang hancur dan rusak akibat gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter di Jawa Barat.

Menteri Pendidikan Nasional, Bambang Sudibyo, di Sukabumi, Sabtu, mengatakan, bantuan tersebut sebesar Rp2 miliar dialokasikan dari anggaran Depdiknas tahun 2009 pada tahap tanggap darurat.

“Sedangkan Rp22 miliar dari anggaran Depdiknas tahun 2010 pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi,” kata Bambang Sudibyo saat meninjau sejumlah bangunan sekolah yang roboh.

Dikatakannya, jika perbaikan bangunan sekolah belum selesai seluruhnya, maka akan dialokasikan lagi dari anggaran Depdiknas tahun 2011.

Dijelaskannya, bantuan pada tahap tanggap darurat yakni memberikan paket tas berisi alat tulis sebanyak 1.300 paket serta seragam sekolah sebanyak 1.000 paket, yang seluruhnya untuk siswa sekolah dasar (SD).

Mendiknas menyerahkan bantuan paket tas dan seragam tersebut secara simbolis kepada Bupati Sukabumi, Sukma Wijaya, di SMP Negeri 1 Sukabumi.

Bantuan lain yang dilakukan pada tahap tanggap darurat, kata dia, adalah melakukan evaluasi dan taksasi, yakni mendata apa saja kerusakannya, apa yang harus diperbaiki, dan berapa biayanya.

“Untuk melakukan taksasi, saya sudah meminta bantuan guru dan siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan),” katanya.

Bambang juga meminta pihak swasta turut berkontribusi memberikan bantuan untuk percepatan perbaikan sekolah hancur dan rusak.

“Saya imbau perusahaan swasta untuk menunjukkan solidaritasnya guna membantu perbaikan bangunan sekolah yang rusak,” kata Bambang.

Berdasarkan data Satkorlak Penanggulangan Bencana Provinsi Jawa Barat, ada sebanyak 32 bangunan sekolah hancur, 674 rusak berat, serta 688 rusak ringan, yang tersebar di 12 kabupetan.

Sekolah yang paling banyak mengalami kerusakan berada di Kabupaten Tasikmalaya, Garut, dan Ciamis, akibat gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter (SR) pada Rabu (2/9).

Sumber : TVone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: