Pertamina: Distribusi Paket Konversi Elpiji Lampaui Target

Ditulis pada Sep 6, 2009 oleh Putra rafflesia

PT Pertamina (Persero) mengemukakan pendistribusian paket konversi elpiji tabung 3 kg telah melampaui target yang ditetapkan hingga 3 September 2009.

Juru bicara Pertamina Basuki Trikora Putra di Jakarta, Minggu, mengatakan, paket konversi yang dibagikan ke konsumen rumah tangga dan usaha kecil dan menengah (UKM) mencapai 77,4 persen. Nilai itu lebih tinggi dari target normal sebesar 66 persen per 3 September 2009.

“Sampai 3 September 2009, Pertamina sudah membagikan sebanyak 18,39 juta paket konversi dari target keseluruhan tahun 2009 sebesar 23,77 juta unit atau mencapai 77,4 persen,” ujarnya.

Menurut Trikora, minyak tanah yang sudah ditarik sepanjang tahun 2009 sebagai konsekuensi program konversi mencapai 3,26 juta kiloliter.

Ia mengatakan, secara akumulasi, paket konversi elpiji 3 kg yang dibagikan sejak tahun 2007 mencapai 37,44 juta unit.

Basuki menambahkan, saat ini, pelaksanaan program konversi masih berjalan di Propinsi Kepulauan Riau, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Program konversi minyak tanah ke elpiji merupakan upaya pemerintah mengurangi subsidi minyak tanah yang cukup besar.

Melalui program tersebut, konsumsi minyak tanah yang pada 2006 mencapai sekitar 10 juta kiloliter per tahun dapat dipangkas menjadi hanya dua juta kiloliter per tahun.

Program itu diharapkan tuntas pada 2011. Dimana alokasi subsidi minyak tanah ditargetkan hanya sebesar Rp12,5 triliun atau jauh menurun dibandingkan 2006 yang masih sekitar Rp40 triliun.

Dengan berkurangnya subsidi terhadap minyak tanah serta berbagai jenis bahan bakar lainnya, maka pemerintah berharap sekali bahwa dana itu bisa dialihkan pemakaiannya bagi berbagai sektor kehidupan masyarakat lainnya (Ant)

Sumber : TVone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: