Truk CPO dan Batu Bara Diimbau Hentikan Operasi

Ditulis sep9, 2009 oleh putra rafflesia

183538p

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi AM Firdaus megimbau seluruh perusahaan minyak sawit mentah dan batu bara di Jambi untuk menghentikan sementara kegiatan pengangkutan produk mereka minimal pada H-7 hingga H+7. Hal ini untuk mengantisipasi potensi kesemrawutan lalu lintas jalur mudik selama masa Lebaran.

Minimal pada H-7 sampai H+7, supaya perjalanan angkutan-angkutan CPO dan batu bara ditunda dulu sehingga bisa memperlancar arus Lebaran, ujar Firdaus, seusai membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Angkutan Lebaran Terpadu Provinsi Jambi Tahun 2009 di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi, Rabu (9/9).

Menurut Firdaus, jalur lintas tengah ataupun lintas timur Jambi cukup padat dilalui kendaraan pengangkut CPO dan batu bara. Alur ini juga merupakan jalur utama mudik dan balik warga mengingat posisi Jambi yang berada di tengah-tengah Sumatera.

Kepadatan truk-truk pengangkut tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu kelancaran lalu lintas sepanjang jalur mudik.

Dikatakan Firdaus, saat ini masih ada kerusakan jalan pada sejumlah ruas jalan dalam Provinsi Jambi, di antaranya jalan menuju Tempino. Selain itu, sejumlah titik jalan rawan longsor, yaitu pada sepanjang ruas jalan Kota Bangko (Kabupaten Merangin)-Kota Sungai Penuh (Kabupaten Kerinci).

Untuk mengantisipasi hal ini, kata Firdaus, Dinas Pekerjaan Umum diminta untuk menyiapkan alat-alat berat di sekitar wilayah tersebut.

Ia melanjutkan, pihaknya akan melaksanakan pencanangan angkutan Lebaran di Terminal Alam Barajo Jambi oleh Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin pada 14 September 2009 mendatang.

Pihaknya masih terus mengupayakan persiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun 2009 guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya hambatan arus lalu lintas, terutama di wilayah Jambi. “Kami sudah membentuk tim penyelenggaraan angkutan Lebaran. Tim tersebut akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan kabupaten/kota dan Ditlantas Polda Jambi,” ujarnya.

Sumber : kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: