BI Segera Batasi Penyaluran Kredit BPR

Putra rafflesia, 22 January 2010 21:57 WIB

Jakarta, (tvOne)

Tahun ini Bank Indonesia akan segera membatasi lingkup bisnis Bank Perkreditan Rakyat. Tujuannya agar BPR semakin optimal memberikan kredit di provinsi di mana BPR berada. Pembatasan ruang lingkup bisnis BPR ini tertuang dalam kerangka kebijakan yang akan dibuat BI tahun ini. “BI akan mendorong agar BPR menjadi Bank Komunitas,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman D Hadad di sela-sela acara Banker’s Dinner di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1).

Direktur Direktorat BPR dan UMKM Ratna E Amiyati menjelaskan maksud BPR di dorong jadi Bank Komunitas supaya kuat dan lebih fokus menyalurkan kredit. “Jadi dalam pemberian kreditnya mereka ada di lingkungan mereka itu saja,” kata Ratna.

Selama ini, Ratna menambahkan, BPR dibolehkan menyalurkan kredit ke peminjam di provinsi lain. Hal ini membuat risiko biaya penyaluran dana ini semakin tinggi. “Jadi misalnya BPR Jakarta memberi kredit ke Bandung makanya costnya tinggi. Kalau costnya tinggi, otomatis bunganya tinggi,” ujar dia. Biasanya pinjaman antara provinsi ini dikucurkan karena ada kedekatan hubungan antara peminjam dan pemberi kredit. “Apa yang diharapkan BI ke depan adalah BPR bisa fokus,” katanya.

Sementara itu terkait terbentuknya lembaga dana Apex (LDA/Apex Bank) akan menjadi salah satu kabar baik bagi BPR. Apex dapat menjadi lembaga pelindung BPR sekaligus sebagai lembaga dana BPR. Mekanismenya ketika BPR membutuhkan likuiditas, maka Apex Bank bisa memberikan pinjaman dengan bunga rendah. “Apex itu bisnis saja, supaya bisa lebih melayani nasabahnya. Misalnya biasanya pake transfer tidak boleh kalo ada Apex boleh ada insentif dan disinsentif bagi banknya,” kata dia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: