Waspada Cuaca Terkait Badai Tropis Magda

Pura rafflesia, 22 January 2010 09:32 WIB

Jakarta, (tvOne)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca periode 22-25 Januari untuk sejumlah daerah di Tanah Air terkait dengan badai tropis Magda.

Berdasarkan data BMKG, badai tropis Magda di perairan sebelah selatan Kupang dan daerah tekanan rendah di sebelah tenggara Merauke berpengaruh terhadap pembentukan daerah pumpunan atau pertemuan angin.

Pembentukan pumpunan tersebut memanjang dari Laut Jawa, Laut Bali, hingga Nusa Tenggara Barat (NTB) serta dari Laut Banda hingga Laut Arafura.

Kondisi itu berpengaruh terhadap proses pertumbuhan awan hujan yang semakin meningkat di wilayah Indonesia bagian Selatan.

Selain itu, kelembaban udara yang cukup besar dan suhu muka laut yang masih hangat juga memberikan dukungan yang positif terhadap pertumbuhan awan hujan.

BMKG juga mengemukakan, wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang antara lain Sumatra bagian tengah dan selatan, pesisir barat Sumatra, dan Kalimantan bagian selatan.

Sedangkan wilayah lainnya adalah Jabodetabek, Jawa bagian barat dan utara, Sulawesi bagian selatan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku tenggara, serta Papua bagian tengah dan selatan.

Peringatan dini tersebut dikeluarkan oleh BMKG Bidang Peringatan Dini Cuaca Sub Bidang Cuaca Ekstrim. (Ant)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: