Patrialis: Pansus Tak Tepat Sebut Nama

Jakarta, (tvOne)

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Patrialis Akbar menyatakan, Panitia Khusus Angket Kasus Bank Century tak tepat menyebut nama penanggung jawab dalam rekomendasinya. “Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bukanlah lembaga penegak hukum. Indonesia ini prinsipnya negara hukum dan demokratis,” kata Patrialis di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (25/2). “Sekarang hukum sebagai primadona, semua kegiatan demokrasi harus sesuai dengan hukum.”

Di dalam sistem hukum, harus digunakan asas praduga tak bersalah. Sementara penyelidikan Pansus tidaklah bersifat proyustisia. “Sehingga kalau menyebut nama, menurut kami itu sesuatu yang kurang tepat, karena itu diatur dalam KUHAP,” katanya. “Dan secara internasional diatur covenant international,” ujar politisi Partai Amanat Nasional itu seperti dilansir VIVAnews.

Asas praduga tak bersalah ini, bersifat deskriptif. Asas praduga tak bersalah dan bersalah, harus disikapi secara kontekstual dan proporsional. “Jadi men-judge seseorang kurang tepat, bila dilakukan di luar lembaga peradilan,” kata Patrialis.

Karena itu, jika Pansus menyebut nama orang maka Pansus harus tertutup. “Semua informasi secara hukum bersifat rahasia, tidak boleh dibuka umum,” ujarnya. “Ini kan Pansus dibuka semua, padahal Undang-undang Angket kan rahasia? Nah itu bagaimana?”

Karena itu, Patrialis berharap Pansus menghormati sistem hukum berlaku. “Dengan menyebut nama Boediono dan Sri Mulyani, itu bisa menimbulkan fitnah bagi mereka. Bayangkan beban berat luar biasa pada masyarakat, dirinya, keluarganya. Kami menyayangkan ada yang menyebut nama.” kata Patrialis.

Saat pandangan akhir fraksi kemarin, empat fraksi yakni PDIP, PKS, Golkar dan Hanura menyebut nama secara terbuka. Namun rekomendasi Pansus masih rahasia, dan baru dibeberkan nanti dalam rapat paripurna DPR Selasa atau Rabu depan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: